Thursday, August 28, 2014

Jejaring Social PATH

Posted by Unknown at 8:07 PM
Pada postingan gue kali ini akan membahas tentang jejaring sosia Path. Dari sejarah, definisi, tujuan, fitur-fitur, kelemahan & kelebihan, hingga dampak dari path itu sendiri. Path ini masih terbilang baru di era globalisasi ini, tapi fitur – fitur yang ditawarkan tidak kalah menarik dari jejaring social yang lain.

    Sejarah singkat Path
Dahulu adanya penggalangan dana untuk mendirikan Path. Diawali oleh 3 pendiri path yaitu Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau. Penggalangan dana yang telah dilakukan  berhasil mengumpukan beberapa penyumbang seperti Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dll. Path ini sendiri didirikan di San Fransisco, California dan kantor pusatnya berada di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Path ini di luncurkan sekitar November 2010.

Definisi
Path adalah aplikasi jejaring social yang bisa kita dapatkan pada smartphone kita yang bersistem operasi Android dan IOS.
Aplikasi ini juga sangat mendukung para penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan dengan keluarga atau teman – teman dekat kita. Path ini juga merupakan jejaring social yang bersifat personal dengan jumlah teman maksimal 150 orang saja, karena untuk membantu kita berbagi pengalaman dan memori hanya dengan orang yang benar –benar terdekat dengan kita.

Tujuan utama dari path

Seperti halnya jejaring social lain, Path sendiri memiliki sebuah visi kenapa dibuatnya jejaring social seperti ini. Dave Morrin yang merupakan salah satu pendiri dan juga CEO di Path mengatakan bahwa: Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”
Ada yang membedakan Path dengan jejaring social lainnya. Jadi hanya pengguna yang sudah disetujui saja yang bisa mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari aplikasi inilah yang membuat Path menjadi eksklusif dibandingkan dengan jejaring sosial yang lainnya. Path ini bisa digunakan di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Android versi apapun. Aplikasi ini tersebar melalui Apple Application Store dan berbagai situs aplikasi lainnya.

 Fitur – fitur Path
Di dalam Path ini memiliki berbagai fitur yang menarik seperti: 

  • BelanjaStiker, Fitur, dan Filter
  • Mengunggah Foto dan Video
  • Mengunggah Lokasi
  • Mengunggah Musik, Film, dan Buku
  • Mengunggah Status
  • Status Bangun&Tidur
  • Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain 
  • Komentar
  • Emosi / Emoticon
  • Melihat Pengujung
  • Private Sharing
  • Inner Circle

Oke para pembaca, sekarang kita memasuki bagian kelebihan dan kekurangan dari Path.
Kelebihan
  •  Path memiliki fitur – fitur seperti yang sudah kita bahas di atas ex: lokasi, foto, video
  • Path ini juga bisa terhubung dengan media social lainnya seperti Facebook, Twitter, dll. Jadi kita bisa men share apa yang sudah kita bagikan di Path ke media social milik kita lainnya.
  • Path ini pun bisa mengedit foto layaknya Instagram, dan pastinya ga kalah keren hasilnya dengan kita mengedit menggunakan Instagram.

Kelemahan Path
Seperti yang baru kita bahas adalah kelebihan Path, dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, begitupun jejaring social Path ini.
  • Sekarang Path sudah tidak membatasi lagi jumlah pertemanan, jadi privasi kita di Path menjadi berkurang.
  • Path juga memiliki batasan durasi ketika kita ingin mengupload video kita ke Path.

Semua jejaring sosial pasti memiliki dampak bagi para penggunanya, baik dari bidang pendidikan, sosial, ekonomi,dll. Nah sekarang kita bahas nih dampak positif dan negatif nya.

Dampak Positif Path
Bidang Social
Dampak positif di bidang sosial sudah pasti kita dapat terhubung dengan keluarga dan teman – teman dekat kita.

Bidang Pendidikan
Dampak positif di bidang pendidikan itu kita dapat bertukar informasi dengan teman seperti ketika kita sedang membaca atau menonton sesuatu yang sekiranya teman kita belum tau, kita dapat berbagi di Path.

Dampak Negatif Path
Bidang Social
Di bidang social path juga memiliki dampak negatif seperti memancing judgement seseorang karena seringnya kita menuliskan hal-hal tentang diri kita sendiri atau meng upload gambar yang memicu penilaian negatif dari seseorang.

Bidang Pendidikan
Dampak negatif di bidang pendidikan adalah KETERGANTUNGAN! Yang membuat si pengguna ini menjadi MALAS untuk beraktivitas seperti BELAJAR!

Bidang Ekonomi
Di bidang ekonomi sudah pasti memiliki dampak negatif karena, seseorang akan menjadi konsumtif karena pengguna media social terus menerus membutuhkan biaya seperti halnya pulsa karena, Path ini memakan kuota yang banyak sehingga munculah sifat BOROS!

Dari pembahasan dan penjelasan yang di atas, pasti kita bertanya – tanya “terus gimana? Apa kita harus berhenti atau terus menggunakan media social ini?”

Solusi
Jadi solusi menurut gue sih sudah pasti kita harus kurangi tuh penggunaan Path dan jejaring social lainnya. Terus kita harus menggunakan jejaring sosial tersebut secara bijak karena, ketika kita salah menggunakan dan memanfaatkan suatu jejaring sosial, yang kita dapat hanya dampak negatifnya saja dan itu gak bermanfaat. Lain halnya ketika kita menggunakannya sesuai kebutuhan dan secara bijak, kita akan mendapatkan damak positif dari media social tersebut.

Oke thanks banget udah ngikutin pembahasan Path ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua ^^.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Path_(jejaring_sosial)

1 comments:

Unknown on May 4, 2015 at 9:04 PM said...

thanks infonya

Post a Comment

 

FASE Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos